Waspada Bahaya Minum Air Putih Bagi Bayi Usia Kurang 6 Bulan

Waspada Bahaya Minum Air Putih Bagi Bayi Usia Kurang 6 Bulan

Bunda tahukah Anda bahaya minum air putih pada bayi usia kurang 6 bulan ini perlu diwaspadai lho! Karena hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Pasalnya penyebabnya karena sistem imun yang bertugas melawan infeksi kuman atau bakteri masih belum kuat. Akibatnya jika bayi konsumsi air putih bisa beresiko gangguan kesehatan. Oleh karena itu jika bayi masih belum berumur 6 bulan jangan dikasi minum air putih. Lantas, apa saja bahaya yang akan terjadi jika bayi berusia kurang dari 6 bulan sudah konsumsi air putih? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita samak lansirannya.

Ini bahaya minum air putih bagi bayi usia kurang 6 bulan

Menyebabkan infeksi bakteri

Dampak buruk minum air putih bagi bayi usia kurang 6 bulan yakni akan menimbulkan infeksi bakteri. Apalagi jika proses pengolahan airnya tidak higienis pasti akan timbul gejala tersebut. Nah, jika bayi Anda mengkonsumsi air putih maka ia akan mengalami gangguan kesehatan yaitu penurunan sistem pencernaan. Permasalah ini disebabkan karena didalam air terdapat mikroorganisme dan kuman. Sehingga sistem imun pada bayi tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Perkembangan otak terganggu                        

Perlu Anda ketahui bahwa efek samping minum air putih bagi bayi usia kurang 6 bulan, yaitu perkembangan otaknya terganggu. Sebab air putih yang dikonsumsi oleh bayi bisa menimbulkan elektrolit serta sel darah tercemari. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda bisa menimbulkan kejadian duruk. Kejadian buruk tersebut, diantaranya yaitu ada gangguan jantung, paru-paru dan aktivitas otak.

Ginjal rusak

Dampak buruk minum air putih bagi bayi usia kurang 6 bulan adalah ginjalnya akan rusak. Kenapa? hal disebabkan karena ginjal bayi pada saat tersebut masih belum bisa berfungsi dengan maksimal. Sehingga jika diberikan air putih untuk dikonsumsi berarti memaksa fungsi ginjal anak yang masih belum sempurna. Oleh karena itulah jika bayi fungsi ginjalnya masih belum mampu jangan dipaksa karena bisa beresiko terjadi kerusakan.

Baca juga  Wajib Baca! Ini Alasan Dianjurkan Bayi Menggunakan Popok Kain

Demikian tadi sedikit ulasan yang bisa kami bagikan kepada Anda mengenai bahaya minum air putih bagi bayi usia kurang 6 bulan. Semoga informasi ini yang kami bagikan bisa menjadi inspirasi untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.