Jenis Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Jenis Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Jenis Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak – Bermain sangat penting bagi anak balita, sebab bermain bisa menstimulasi perkembangan aspek kognisi, emosi dan sosial si kecil. Untuk mengasah kecerdasan anak, pilih permainan sesuai usia dan perkembangan otaknya. Para pakar pengasuhan dan pendidikan anak biasanya membagi kecerdasan anak menjadi 6 tipe. Yaitu kecerdasan kinestetik, logis matematis, interpersonal, linguistik, naturalis, dan kecerdasan musikal. Berikut ini adalah beberapa Jenis Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak berdasarkan tipe kecerdasannya :

  1. Kecerdasan Kinestetik

Untuk mengasah kecerdasan kinestetik anak, Anda bisa memberikan mainan sesuai usia. Bocah berusia 9 – 12 bulan butuh mainan yang bisa didorong untuk membiasakan si kecil berdiri dan mulai melangkah. Anak-anak seusia 9 – 12 bulan juga bisa diberikan drum untuk melatih koordinasi tangannya. Boleh juga memberinya balok untuk disusun. Anak yang lebih besar sampai dengan 3 tahun sudah bisa bermain panjat-panjatan, petak umpet serta bersepeda.

  1. Kecerdasan Logis Matematis

Permainan puzzle bisa menstimulasi kecerdasan logis matematis si kecil usia 1 – 3 tahun. Berikan puzzle yang tidak terlalu rumit, misalnya 10 – 12 potong. Anda juga bisa mengajaknya bermain balok dengan cara mengurutkannya.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Gunakan buku cerita bergambar untuk mendongeng kepada si kecil. Anak usia 9 – 12 bulan sudah bisa dimintai respons ketika Anda membacakan cerita untuk mereka. Sedangkan anak-anak yang lebih besar sudah bisa bermain role play, misalnya sebagai dokter dan pasien, atau penjual di toko dengan pembeli.

  1. Kecerdasan Naturalis

Ajak anak untuk mengenal alam sekitar. Tidak perlu jauh-jauh kok, bisa dimulai dari kucing peliharaan tetangga, semut di halaman belakang ataupun pohon jambu yang mulai berbuah. Untuk anak diatas 5 tahun, boleh saja main hujan sesaat. Asal pastikan kondisi tubuhnya fit dan tetap pakai jas hujan.

  1. Kecerdasan Linguistik
Baca juga  Info Bantuan Sosial untuk Balita 2022, Bisa Dapat Sampai Rp 3 Juta!

Anak kecil usia 9 – 12 bulan bisa dipancing dengan suara-suara dan mimik yang menyertai suara tersebut. Dorong mereka untuk aktif ‘berbicara’. Untuk anak lebih besar, ajak ia bercakap cakap sambil bermain dengan mainannya. Boleh saja berbincang dengan boneka beruangnya.

  1. Kecerdasan Musikal

Putarkan musik atau lagu yang cocok untuk anak-anak. Jangan gengsi untuk menari dan menyanyi bersama si kecil. Untuk anak usia lima tahun sudah bisa ikut les musik, misalnya piano. Bukan untuk menjadi Mozart cilik, tapi untuk mengenali dan memahami nada.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai beberapa Jenis Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak yang bisa anda aplikasikan. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan kita untuk memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang buah hati kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.