Cara Aman Menggendong Bayi

Cara Aman Menggendong Bayi

Cara Aman Menggendong Bayi – Menggendong atau memangku bayi perlu dilakukan dengan secara cermat dan berhati-hati mengingatmasih lemahnya otot-otot bayi serta tumpuan berat bayi masih dominan berat berat pada bagian kepala, sehingga bagian kepala inilah yang harus betul-betul diperhatikan dan menjadi tumpuan saat menggendong bayi.

Menggendong bayi akan dilakukan oleh ibu dan ayah. Ibu akan menggendong bayi pada saat setelah selesai bersalin untuk menyusui bayi dan menggendong saat bayi pulang ke rumah atau berbagai aktifitas ketika bayi sudah berada di rumah. Ibu yang baru pertama kali melahirkan sebaiknya belajar Cara Aman Menggendong Bayi sebelum melahirkan dengan berbagi pengalaman atau bertanya pada saudara, teman atau orang tuanya mengenai cara yang terbaik menggendong bayi menurut pengalaman mereka.

Menggendong bayi memerlukan cara yang baik dengan sangat hati-hati terutama ketika menggendong hendak memandikan bayi. Ayah bisa belajar menggendong bayi untuk membantu ibu apabila sedang repot, ayah bisa menggantikan sementara misalnya ketika ibu sedang di kamar kecil dan bayi terus menangis biasanya minta digendong, pada saat neneknya atau baby sitter tidak ada, ayah bisa menggendong bayinya. Ayah bisa menggendong bayi untuk membantu petugas kesehatan ketika menimbang bayi yang baru lahir. Sisi lainnya ayah telah dikenal oleh bayi terutama apabila selama hamil ayah selalu mengadakan komunikasi dengan bayi dalam perut ibu, suara ayah dikenali oleh bayi. Menggendong bayi terutama sekali dilakukan oleh orang-orang telah dikenal baik oleh bayi, akan membantu memberikan rasa aman dan tenang kepada bayi, daripada ketika bayi digendong oleh orang yang tidak dikenalnya.

Bayi memerlukan rasa aman dan nyaman karena ia sedang mengalami kebingungan akibat perbedaan lingkungan yang sebelumnya ia kenali ketika di dalam rahim, kini setelah lahir ke dunia ia merasakan lingkungan yang berbeda dengan lingkungan dalam rahim. Akibat perpindahan tempat atau lingkungan tersebut, biasanya bayi cenderung menolak rangsangan dari luar dirinya. Hal ini terbukti ketika ada orang yang asing mendekatinya apalagi mengelus pipinya maka ia akan memalingkan muka atau menangis. Bayi hanya mengenali ibunya dan juga ayahnya sebagai akibat adanya komunikasi yang intensif sebelum bayi lahir.

Cara menggendong bayi yang baik adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Ibu atau ayah bisa meletakkan leher serta bagian belakang kepala bayi yang merupakan tumpuan berat bayi pada lengannya sambil menopang punggung bayi dengan lengan satunya lagi.
  • Pastikan leher bayi dapat ditopang dengan aman dan nyaman karena kepala bayi masih lemah dan cenderung terkulai kalau leher dan bagian belakang kepalanya tidak ditopang dengan baik.
  • Ketika menggendong bayi sebaiknya mengatur napas dengan stabil agar lebih tenang dan menambah keyakinan atau kepercayaan dirinya.
  • Ibu atau ayah segera setelah menggendong bayi bisa mengadakan kontak mata dengan menatapnya serta berbicara dengan bayi misalnya ia mengatakan ini mama atau ini papa, suara tersebut akan dikenali oleh bayi sehingga bayi lebih tenang dan merasa aman.

Demikianlah tadi sedikit ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Aman Menggendong Bayi yang dapat kami share dan bagikan untuk anda. Semoga saja bisa menjadi referensi bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.