Info Bantuan Sosial untuk Balita 2022, Bisa Dapat Sampai Rp 3 Juta!

Pemerintah Republik Indonesia (RI) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Kementerian Sosial (Kemensos) lewat Program Keluarga Harapan, yang juga dikenal sebagai program PKH pada tahun 2022 ini. Salah satu bagian dari program PKH ini adalah bantuan sosial untuk balita 2022.

Dikutip dari Indonesia.go.id dan dilansir dari Kompas.com, lewat program ini setiap keluarga kurang mampu dapat memperoleh bantuan yang totalnya berkisar dari Rp 900 ribu sampai Rp 3 juta per tahun.

Adanya program bantuan sosial atau bansos PKH ini telah dijelaskan dan diatur di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial No. 02/3/BS.02.02/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial PKH 2020.

Dan sejak tahun 2021 kemarin, bansos PKH juga akan menyasar para ibu hamil maupun balita. Lebih spesifiknya lagi, bantuan diberikan guna memenuhi berbagai kebutuhan dasar ibu hamil dan anak balita berusia 0-6 tahun. Di samping itu, pemberian bantuan sosial untuk balita 2022 ini juga dilakukan sebagai langkah untuk mencegah penyakit stunting.

Kapan Penyaluran Bantuan Sosial untuk Balita 2022?

Melanjutkan program bansos atau BLT PKH 2021 kemarin, tahun ini Pemerintah RI kembali menyalurkan bantuan sosial untuk balita 2022 sebagai bagian dar PKH tahun 2022. Pada tahun 2021 kemarin, penyaluran bantuan dilakukan dalam 4 tahap sepanjang tahun, tepatnya pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Untuk tahun 2022 ini, kemungkinan besarnya penyaluran bantuan sosial untuk balita 2022 akan kembali dilakukan dengan skema yang serupa. Sedangkan untuk waktu penyalurannya, tentu prosesnya akan dilakukan sepanjang tahun 2022.

Syarat Bansos Balita 2022

Sejak program bansos balita ini pertama kali diselenggarakan, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menetapkan serangkaian syarat beserta tata cara pendaftaran yang harus dipenuhi dan dilakukan. Proses pendaftarannya sendiri dilakukan lewat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berikut ini adalah syarat untuk mendaftar sebagai calon penerima program bansos balita 2022:

  1. Bantuan sosial balita 2022 menyasar anak-anak usia dini yang umurnya 0-6 tahun.
  2. Calon penerima adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  3. Calon penerima termasuk ke dalam kelompok keluarga miskin atau keluarga rentan miskin.
  4. Calon penerima bantuan sosial untuk balita 2022 termasuk ke dalam kelompok masyarakat yang terkena dampak Covid-19, atau kelompok yang kehilangan mata pencaharian yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja (PHK).
Baca juga  Bantuan Sosial Untuk Balita Tahun 2022 Senilai Rp3 Juta Masih Bisa Dicairkan, Yuk Simak Caranya!

Apabila dirasa sudah memenuhi syarat-syarat di atas, Anda bisa mendaftarkan keluarga Anda sebagai calon penerima bansos balita 2022. Sedangkan untuk tata cara pendaftarannya sendiri bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini.

Tata Cara Pendaftaran Bansos Balita 2022

Pendaftaran untuk program bansos balita 2022 saat ini dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu secara langsung atau offline, dan secara online melalui aplikasi Cek Bansos. Untuk pendaftaran secara langsung atau offline, Anda bisa melaporkan diri ke perangkat pemerintah daerah terkait. Seperti Dinas Sosial, desa atau kelurahan, maupun RT/RW.

Sementara itu, untuk pendaftaran secara online, Anda bisa gunakan aplikasi Cek Bansos dan memanfaatkan filter “usu”. Dengan begitu kelayakan Anda dalam menerima bansos PKH maupun bantuan sosial untuk balita 2022 ini bisa dipertimbangkan.

Tata cara pendaftaran offline dan online yang lengkap bisa Anda simak di bawah ini. Sebagai catatan tambahan dan sebagai penjelas, proses pendaftaran tentu dilakukan oleh orang tua dari balita calon penerima bansos.

Pendaftaran bansos balita 2022 secara offline (langsung)

  1. Menyiapkan dokumen KTP dan KK.
  2. Melakukan pendaftaran di DTKS kementerian Sosial.
  3. Apabila Anda sudah melakukan pendaftaran, Anda akan menerima surat pemberitahuan tentang teknis pendaftaran yang akan dilakukan di tempat yang sudah ditentukan.
  4. Data pendaftaran yang sudah masuk akan diproses kantor kelurahan, kantor kabupaten atau wali kota, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Dengan demikian, data yang masuk ke Dinas Sosial akan diverifikasi dan divalidasi terlebih dahulu. Apabila sudah sesuai, data yang telah disaring akan dilaporkan ke walikota atau bupati. Setelah itu, walikota atau bupati akan menyampaikan data kepada gubernur, yang akan meneruskannya ke menteri.

Setelah keseluruhan data sudah benar-benar diverifikasi dan divalidasi untuk memastikan bahwa hanya nama-nama yang memang berhak menerima bantuan sosial untuk balita 2022 saja yang ada di dalamnya, data akan di-update dan diserahkan kepada Himbara. Pihak Himbara kemudian akan memulai proses transfer dana bansos.

Download Aplikasi Cek Bansos

Pendaftaran bansos balita 2022 secara online lewat aplikasi Cek Bansos

  1. Download aplikasi Cek Bansos ke HP dari Playstore.
  2. Lakukan registrasi akun jika Anda belum memiliki akun di Cek Bansos. Kalau sudah punya akun, Anda hanya tinggal login saja.
  3. Setelah Anda sukses melakukan registrasi, Anda bisa langsung login dan mengakses menu yang terdapat di dalam aplikasi Cek Bansos.
  4. Pilih opsi menu “Daftar Usulan” untuk mendaftarkan diri ke dalam DTKS Kementerian Sosial.
  5. Pilih opsi “Tambah Usulan”.
  6. Pilih “PKH” untuk jenis bansosnya. Karena sekali lagi, bantuan sosial untuk balita 2022 adalah bansos PKH Kementerian Sosial.
Baca juga  Wajib Baca! Ini Alasan Dianjurkan Bayi Menggunakan Popok Kain

Apabila Anda sudah sukses melakukan pendaftaran atau pengusulan lewat data-data yang diinput melalui aplikasi Cek Bansos dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mendapatkan informasi berupa data yang berisi nama, nomor NIK, status kesesuaian NIK dengan database Dukcapil, dan status kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.

Berapa Nominal Bansos Balita 2022 yang Diterima?

Setelah data sampai ke Himbara, pihak Himbara akan melakukan proses transfer dana bantuan sosial kepada masing-masing penerima ke nomor rekening yang telah didaftarkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda teliti saat memasukkan semua data pada proses pendaftaran di atas, termasuk saat memasukkan data nomor rekening.

Lantas, berapa ya jumlah bantuan sosial untuk balita 2022 yang akan Anda terima? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, besaran bansos balita berkisar dari Rp 900 ribu hingga Rp 3 juta. Dan jumlah tersebut merupakan total yang diterima dalam satu tahun.

Program PKH ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan pendidikan anak, serta mengurangi beban keluarga terutama dari segi finansial dan bagi keluarga yang terdampak Covid-19. Oleh karena itu, apabila Anda sudah resmi ditetapkan sebagai penerima bansos PKH seperti bantuan sosial untuk balita 2022 nantinya, pastikan bahwa Anda memanfaatkan bantuan yang diterima dengan baik dan bijak.

Dengan begitu, pelaksanaan dan penyaluran program PKH benar-benar tepat sasaran dan Anda beserta keluarga pun akan bisa merasakan manfaat dari program ini semaksimal mungkin. Terlebih memang tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 kemarin merupakan pukulan yang luar biasa besar, terlebih bagi keluarga miskin atau rentan miskin.

Download Aplikasi Cek Bansos

Itu dia rangkuman info tentang bantuan sosial untuk balita 2022. Semoga bermanfaat!