Bantuan Sosial Untuk Balita Dari Pemerintah

Bantuan Sosial Untuk Balita Dari Pemerintah, Simak Ulasannya di Bawah Ini

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki sebuah sistem bantuan dari pemerintah untuk rakyatnya. Sebenarnya banyak banget lho jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada rakyatnya. Namun hanya beberapa golongan saja yang bisa mendapatkan jenis-jenis bantuan tersebut. Salah satu jenis bantuan tersebut adalah bantuan sosial untuk balita 2022.

Memasuki tahun 2022 ini memang pemerintah masih memberikan beberapa bantuan untuk beberapa golongan termasuk dengan balita. Namun mungkin beberapa jenis bantuan memiliki masa jangkauan waktu. Akan tetapi bukan tidak mungkin pemerintah tak memberikan bantuan lagi seperti bantuan sosial untuk balita 2022.

Apa itu PKH

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki berbagai macam jenis bantuan dari pemerintah kepada rakyat. Angka kemiskinan yang sampai saat ini semakin berkurang tak lain karena adanya bantuan dari pemerintah.

Salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah adalah PKH. Meski begitu tak semua orang bisa mendapatkan bantuan PKH tersebut. Hanya beberapa golongan yang bisa mendapatkan bantuan PKH tersebut.

Namun untuk siapa saja yang akan menerima bantuan PKH akan dijelaskan lebih lanjut di poin tersendiri. Pada poin ini hanya menjelaskan secara garis besar terkait dengan pengertian bantuan PKH agar Anda lebih mudah tahu arti sebenarnya.

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah salah satu jenis bantuan dari pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat. Secara mudahnya PKH atau Program Keluarga Harapan adalah sebuah program perlindungan sosial dengan sistem kucuran uang non tunai kepada RTSM atau Rumah Tangga Sangat Miskin. Dari PKH ini akan dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya PKH untuk balita.

Adanya PKH atau Program Keluarga Harapan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 tahun 2008. Penjelasan dari Menteri Sosial memaparkan jika PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada beberapa golongan saja.

Golongan yang menerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan

Setiap Negara memiliki angka kemiskinan yang berbeda-beda. Keluar dari hal tersebut dampak dari Covid-19 tak hanya berlaku pada sisi kesehatan saja. Namun sisi ekonomi juga terbilang turut merosot. Pemerintah Indonesia tak tinggal melihat hal tersebut.

Guna membantu para masyarakat khususnya bagi mereka yang memiliki kondisi kurang mampu. Maka pemerintah memberikan sebuah bantuan. Salah satunya adalah bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan.

Baca juga  Download Aplikasi PrimakU, alat bantu tumbuh kembang anak

Dimana adanya bantuan ini diharapkan bisa berguna mengatasi ekonomi masyarakat kurang mampu akibat dampak Covid-19. Namun perlu diketahui jika bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan ini tidak diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa golongan yang akan menerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan ini. Meski begitu tak semua orang tahu lho siapa saja yang bisa mendapatkan bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan ini.

Ada beberapa sektor yang diberikan bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan. Mulai dari sektor pendidikan, keluarga maupun seseorang yang miskin, adanya komponen kesehatan tertentu maupun kesejahteraan sosial. Selain itu mereka yang masuk ke dalam data terpadu program penanganan fakir miskin juga masuk ke dalam daftar penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan.

Akan tetapi agar Anda lebih tahu siapa saja yang akan menerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan Tersebut. Maka penjelasan pada beberapa poin yang dikutip dari website resmi Kemensos.go.id yang ada di bawah ini mampu membantu Anda.

  1. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada Ibu hamil.
  2. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada anak usia dini.
  3. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada siswa tingkat SD/sederajat dengan persyaratan tertentu.
  4. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada siswa tingkat SMP/sederajat dengan persyaratan tertentu.
  5. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada siswa tingkat SMA/sederajat dengan persyaratan tertentu.
  6. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada penyandang Disabilitas berat.
  7. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan  kepada orang yang masuk kategori lansia atau lanjut usia.

Dari informasi yang tersebar luas pada tahun 2021 lalu. Ada sekitar 10 juta calon penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika PKH atau Program Keluarga Harapan akan diberikan kepada ibu hamil dan balita.

PKH atau Program Keluarga Harapan balita ini berupa pemenuhan kebutuhan dasar terkait dengan kesehatan ibu hamil. Selain itu PKH atau Program Keluarga Harapan juga diharapkan bisa mencegah terjadinya stunting pada anak balita usia 0 sampai 6 tahun.

Besaran bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan

PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat golongan khusus yang bertujuan untuk mengentaskan angka kemiskinan. Terlebih lagi bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan ini juga ditujukan untuk mereka yang terkena dampak Covid-19 dalam segi ekonomi.

Baca juga  Wah, Ini Trik Memberikan Makanan Balita Ala Rasulullah

Penjelasan pada poin sebelumnya sudah dipaparkan jika ada beberapa golongan yang masuk ke dalam calon penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan. Nah setiap golongan tersebut akan mendapatkan besaran kucuran dana bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan yang berbeda-beda.

Agar tak terjadi kesalahan informasi, maka penjelasan yang dikutip dari website resmi Kemensos.go.id di bawah ini akan mempermudah Anda lebih memahami berapa besaran bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk setiap golongan.

  1. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk ibu hamil akan mendapatkan  besaran dana Rp. 2.400.000
  2. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk Anak Usia Dini akan mendapatkan besaran dana Rp. 2.400.000
  3. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk siswa SD/sederajat dengan syarat tertentu akan mendapatkan besaran dana Rp. 900.000
  4. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk siswa SMP/sederajat dengan syarat tertentu akan mendapatkan besaran dana Rp. 1.500.000
  5. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk siswa SMA/sederajat dengan syarat tertentu akan mendapatkan besaran dana Rp. 2.000.000
  6. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk penyandang disabilitas berat akan mendapatkan besaran dana Rp. 2.400.000
  7. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan untuk orang lansia atau lanjut usia akan mendapatkan besaran dana Rp. 2.400.000

Sistem pencairan dana bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan

Pemerintah akan mencairkan dana  bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan melalui beberapa bank yang sudah bekerja sama. Diantaranya adalah bank BNI, BTN, BRI dan Mandiri. Melalui beberapa bank ini, nantinya pada calon penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan akan lebih mudah untuk mendapatkan kucuran dana bantuan.

Nah itulah penjelasan seputar bantuan sosial untuk balita 2022. Meski mungkin sudah direalisasikan di tahun 2021. Namun jika ada kebijakan yang berlaku, tak menutup kemungkinan akan ada bantuan kembali.

Disclaimer: Artikel ini hanya memberikan  penjelasan yang didapatkan dari berbagai sumber lalu diolah menjadi sebuah informasi kepada pembaca. Setiap syarat, ketentuan, jadwal cair, sistem pencairan dan lain-lain yang berhubungan dengan PKH atau Program Keluarga Harapan bisa berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.